PENGARUH STIMULUS KUTANEUS DI PUNGGUNG (SLOW-STROKE BACK MASSAGE) TERHADAP INTENSITAS NYERI KEPALA PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI



PENGARUH STIMULUS KUTANEUS DI PUNGGUNG (SLOW-STROKE BACK MASSAGE) TERHADAP INTENSITAS NYERI KEPALA
PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI
(Di UPTD Sosial Lanjut Usia Blitar di Tulungagung Tahun 2015)



ABSTRAK

Hipertensi adalah tekanan darah sistolik lebih besar atau sama dengan 140 mmHg dan tekanan darah diastoliknya lebih besar  atau  sama  dengan  90  mmHg. Salah satu faktor resiko yang memicu ketidakstabilan ini adalah proses penuaan. Penuaan mendorong aterosklerosis, mengakibatkan penurunan curah jantung dan peningkatan tahanan perifer sehingga timbul gejala klinis primer berupa nyeri kepala. Salah satu cara non farmakologi untuk mengatasi nyeri ini adalah dengan pemberian stimulasi kulit dengan tehnik slow-stroke back massage. Mekanisme kerja stimulus ini menggunakan prinsip teori gate control dan teori endorphin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stimulus kutaneus  (Slow-Stroke Back Massage)  terhadap intensitas nyeri kepala pada lansia dengan hipertensi.
Untuk keperluan tersebut, maka desain yang digunakan adalah dengan pendekatan one group pre test-post test. Subyek penelitian adalah lansia yang berusia 55 tahun sampai 80 tahun di UPT PSLU Blitar di Tulungagung, didapatkan subyek penelitian sebanyak 30 lansia yang ditentukan dengan tehnik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 23 Februari sampai 7 Maret 2015. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi.
Berdasarkan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan α = 0,05 didapatkan p value (0,000) < α (0,05), maka H0 ditolak dan Hi diterima.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh stimulus kutaneus (Slow-Stroke Back Massage) terhadap intensitas nyeri kepala pada lansia dengan hipertensi di UPT PSLU Blitar di Tulungagung tahun 2015.




Kata-kata kunci: Slow-Stroke Back Massage, Intensitas Nyeri Kepala, Hipertensi, Lansia.





Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "PENGARUH STIMULUS KUTANEUS DI PUNGGUNG (SLOW-STROKE BACK MASSAGE) TERHADAP INTENSITAS NYERI KEPALA PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI "

Post a Comment